Minggu, 10 Juni 2012

Menjadi Pemimpin Masa Depan malalui LDKS


“Menjadi tua itu pasti, namun menjadi pemimpin itu sebuah pilihan”. Masih ingat selogan tersebut? Ya, selogan itulah yang disampaikan oleh Bapak Masribi Ali pada saat ia menjadi pembicara pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) 2012 yang diadakan SMP Labschool Kebayoran.
Pemimpin atau leader adalah seseorang yang menempati peranan sentral atau posisi dominan dan berpengaruh dalam kelompok (Modern Dictionary Of Sociology,1996). Pemimpin juga menjadi role model dalam suatu kelompok. Memimpin itu adalah ilmu atau seni mencapai tujuan melalui orang lain.Oleh karena itu menjadi pemimpin adalah anugerah, sebab tidak semua orang mampu menjadi pemimpin. Namun, bukan berarti tidak bisa menjadi seorang pemimpin. Sebab menjadi pemimpin itu bisa dipelajari melalui pelatihan “kepemimpinan”.
Salah satu contoh pemimpin adalah Soekarno. Beliau adalah proklamator kemerdekaan RI sekaligus presiden Indonesia pertama. Ia adalah sosok pemberani yang anti kolonialisme. Melalui perjuangan yang panjang, akhirnya penjajah mengakui kedaulatan Indonesia. Peran Soekarno sebagai sosok pemimpin sanggup mewujudkan tujuan visi dan misi serta mampu membuat perubahan.
Kemajuan dan kesuksesan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh peran seorang pemimpin. Pemimpin merupakan bagian yang paling penting, dalam suatu masyarakat atau organisasi. Karena menjadi pemimpin bukanlah suatu hal yang mudah. Arti pemimpin menurut Kartini Kartono adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan dan  kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.
Dalam kehidupan berorganisasi, pemimpin selalu di identikan dengan tanggung jawab. Kualitas seorang pemimpin sangat ditentukan oleh bagaimana seorang pemimpin melaksanakan tanggung jawabnya. Melaksanakan tanggung jawab, memang bukanlah persoalan yang mudah. Seorang pemimpin adalah orang yang mempunyai kepribadian yang tangguh dalam situasi apapun. Oleh karena itu semakin baik seorang pemimpin melaksanakan tanggung jawabnya, maka akan semakin besar pula penghargaan yang diterimanya atas perannya sebagai pemimpin.
Latihan Dasar Kepemimpan Siswa, merupakan salah satu upaya yang telah dilakukan SMP Labshool Kebayoran dalam rangka mewujudkan pemimpin yang bertanggung jawab, berkualitas, berintegritas, dan mewujudkan tujuh nilai dasar Labschool.  Kegiatan ini merupakan tahap petama dari salah satu program tahunan sekolah yang disebut “Karisma” atau “Kaderisasi Siswa Mandiri” tahun 2012. Bersama OSIS/MPK Dasakasartiya Handha Prakasa, sekitar 243 orang peserta yang terdiri dari siswa/siswi angkatan 11 di didik dan diberikan arahan, agar memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat serta dalam rangka memilih OSIS/MPK periode selanjutnya. Melalui kegiatan ini siswa/siswi diberikan bekal pendidikan dan gambaran mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan berkualitas. Dengan bekal yang telah diperoleh selanjutnya siswa/siswi mendapat kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin melalui organisasi sekolah, OSIS/MPK periode selanjutnya. Ingin menjadi pemimpin? Ayo siapkan dirimu dan ambil kesempatan menjadi seorang pemimpin masa depan!!!
(Cynthia Hanny Lestari, from flash magazine)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar