Jumat, 09 Maret 2012

Apalah Artinya

Belakangan ini, emang gue sering merasa aneh sama sifat-sifat nyokap. Dari mulai sering ngebingungin, labil, dan satu yang paling parah dan harus gue terima adalah suka marah-marah enggak jelas. 

That's so confused myself, dan masalah gue mungkin terjadi pada detik ini, yap pada saat gue posting. Masalahpun akhirnya berklimaks di hari ini. Well, gue emang dari pagi tadi udah merasakan kalo ada yang aneh di hari ini. Mulai dari bangun pagi, harusnya gue bangun jam lima kurang seperempat, tapi setelah (dibangunin) gue malah bangun jam lima, dalam hatipun gue berkata
 "Ngapain aja gue dari tadi?" Ya jelas. Dan pada saat itu guepun benar-benar merasa aneh. 
Mana bokap tidak hentinya berkata
 "Kamu dari tadi ngapain aja? Masa jam segini baru mau berangkat?! Mana nyampe?" 
Dalem hati gue berkata
 "Ampe nyampe sekolah, minta taruhan berapaa...." (What da boo..)

Guepun berangkat, bokap kembali bergumam
 "Kamu ini makin hari, makin telat aja. Ayah cape tau! Telat aja, ayah enggak tanggung lo ya...
" Gue bener-bener enggak bisa jawab, blank. Padahal bokap gak tau selama ini gue nyampe sekolah jam setengah 7 kurang. Dan sekolahan masih sepi kayak sarang jangkrik bunyinyapun jelas "krik..krik.."

Hening 2 jam (gak gitu)

Sukses, nyampe sekolah jam enam kurang seperempat. Sekolahan masih gelap, sepi, sunyi, senyap, hening. Gue langsung ke depan ruang osis. Ada pembagian tugas buat mimpin lari perkelas. Tapi untuk hari ini kelas 7 dipimpin sama mpk kelas. Oh, gue takut enggak dapet tugas, soalnya gue jarang ikut senasis (semacam pembinaan osis gitu deh). Dan begitu gue lagi hening, tiba-tiba sesosok makhluk nyamperin gue diapun berkata:
 "Cynthia, lo hari ini mimpin kelas 8D"

Hening

Alhamdulillah, gue dapet kerjaan hari ini. Lumayan enggak nganggur. Sesapainya di depan kelas itu, gue inget seorang temen gue di 8D (Ibtisani), pas hari ini dia ulang tahun. Gue terus jaim sama dia, soalnya heboh itu lebay. 

Tiba saatnya lari pagi. Lari pagi di sini emang nguras energi 1500 joules, atau 5100 kalori (gaklah). E-buset emang kenceng amat larinya, ini lari pagi apa seleksi atlet Olimpiade Lari Internasional kali ya. Cukup melelahkan.

Beberapa waktu berlalu, saatnya bel berbunyi untuk istirahat. Gimanapun caranya gue harus kebagian traktiran sama makhluk Ciputat itu, gamau tau! Udah kayak film-film action mengancam kemungkinan-kemungkinan menyeramkan. ibarat gue seorang debt collector yang akan mengancam nyawa seseorang apabila hutang-hutangnya tidak dilunaskan pekan ini juga. Aduh serem amat mikirnya. 

"Wahai, ibtisani! Makhluk Ciputat! Mana jatah ane!" Kata gue
"Makdusnya?" Balesnya 
"TRAKTIRAN GUE
MANA TIS !?"
 "Oh, traktiran? Beres brooh, nanti ya!" 

Aseeek. Gue langsung pesta pora bareng anak-anak Ciputat makan-makan sampe perut meleduk. Ya enggaklah.

Selanjutnya, tibalah pelajaran Biologi. Ada praktikum, praktikumnya cukup aneh. Ngerebus daun pake air, terus di tiban  pake alkhol. Agak absurd, secara gue masak air aja gosong. Dan yang paling aneh bin ajaib adalah harus melototin proses fotosintesis yang dilakukan oleh tanaman hydrilla, di dalam air, menjemurnyya di tengah lapangan yang panasnya gila, dan yang paling parah adalah harus menghitung berapa banyak gelembung yang dihasilkan dari proses fotosintesis tersebut selama setengah jam. 

Sudah 10 menit gue mengmati proses tersebut di tengah lapangan. Satu persatu gelembung mulai keliatan. "Gue buat estimasi aja, ini gelembung keluarnya 5 detik sekali, kalo setengah jam itu ada1800 detik, berarti kurang lebih ada 360 gelembung yang keluar"
kata gue sok tau ke temen gue Shazqia.

Buat perbandingan aja, gue ngitungin satu persatu gelembung yang keluar. 10 menit pertama, masih semangat. 20 menit, sudah mulai gempor. Memasuki hitungan ke 300, udah gempor plus gosong. Gue bandingin sama estimasi yang tadi, ternyata pada kenyataan beda jauh tipis Jakarta-Bandung. Ada 311 gelembung. Selisih 88 gelembung  sama estimasi gue yang tadi.

Ok, bel berbunyi jam pelajaranpun habis. Gue nagih nazarnya si Ibtisani, sukses gue dibeliin segelas es krim berharga 7000 rupiah. Haha. Lumayan

Abis itu gue shalat Zuhur bareng Ibtisani, Freya, dan Indani, terus gue nemenin ibtisani lagi ke ruang gamelan. Abis itu gue makan di kantin. Abis itu gue pulang.

Dan pas gue pulang inilah konflik tersebut benar-benar mengklimaks. Gue pulang, menusuri jalan-jalan di luar sekolah. Dan saat itu gue lihat nyokap dengan muka masam dan nggak nyantai menatap gue. Gue ngeri duluan. Pada saat gue melangkahkan 1 kaki gue. Omelannya mulai terdengar.
"Kamu ke mana aja sih? ditelponin enggak diangkat-angkat? Tadi abis Shalat ke mana aja?"
"Makan dulu" jawab gue
"Kamu masih kecil ternyata udah berani bohong ya, jangan coba-coba bohongin bunda ya?'
"Ihhh, seriusaannn..."
"Tadi bunda nanya ke temen kamu, ternyata kamu ke ruang gamelan, beduaan lagi sama cowok! Bunda kira kamu tuh orangnya polos"
"ASTAGHFIRULLAH!!!! NAUDZUBILLAH!! Bunda mending tobat jangan asal fitnah deh! Lagi urusan lain aja belom kelar, APALAGI ITUU!!" 

Mungkin yang tuh anak liat adalah kepribadian gue yang kedua, gue membayangkan kemungkinan terburuk, ada sesorang yang punya dendam sama gue, maka dia bernaiat jahat, gue dihipnotis, lau dibuat pingsan, masuk ke alam bawah sadar, dan mencoba menjebak gue. Naudzubillah.

Tuh anak siapa sih kalo gue ketemu pengen gue smack-down bake gaya batista! Kampreddhh! Gue memang anak ingusan yang masih menduduki bangku kelas 2 SMP, dan gue cuma pengen melanjutkan pendidikan, enggak lebih. Astaghfirullah...

"Anak itu bener! kamu jangan coba-coba bohong deh, dia pasti liat kamu di sana pake mata kepala sendiri!"
"Bunda, saya memang bener tadi ke ruang gamelan buat temenin si Ibtisani. Terus makan sebentar. Dan soal yang berduaan sama cowok (makhluk aneh semacam apalahh itu) Itu gak bener! Lagi, bunda tanya sama anak kelas berapa?"
"Jelas-jelas sama anak kelas 8, pake dasi, pake seragam putih biru"
"YA JELAS GA BENER LAH! MANA ADA SEKOLAH YANG PAKE SERAGAM GITUAN HARI JUM'AT!!!"
"Oh, jadi dia siapa dong?"
"Enggak tau"

Sotoy banget tuh anak berseragam dan berdasi, makhluk terkutuk macam apa kau siswa berdasi?!

Sampe rumah, kepala gue masih puyeng aja mikirin tuh anak. Ada aja anak aneh masuk ke dunia nyata gue. Mungkin itu titisan ular putih yang kalah bergulat sama titisan naga merah jadi dia masuk ke dunia nyata, dan berambisi untuk mencampuri dan menghancurkan hidup seseorang. Salah satunya adalah gue.

Amit-amit, jangan sampe ya Allah, cukup itu pengalaman paling alay yang pernah gue alami. Memang peristiwayang terjadi di kehidupan itu terkadang tidak terduga. Kita harus tabah menerimanya. Apalah artinya, jika kita dihancurkan karena takdir yang begitu dashatnya bisa mengubah alur hidup sesorang. Apalah artinya dari semua yang telah gue alami ini?


1 komentar:

  1. Cyn ! Cyn ! Tenanglah nak... gamungkin titisan naga putih menjelma jadi siswa berdasi... T_T

    BalasHapus