Jumat, 27 Mei 2011

Remaja-Remaja yang Telah Mengubah Dunia

”Beri aku 10 pemuda, aku sanggup mengubah dunia” itulah petikan pidato dari bung Karno yang terkenal itu menggambarkan betapa pentingnya sosok pemuda sebagai agen perubahan.  Pemuda sebagai  tunas bangsa memiliki peranan yang besar untuk memajukan bangsa dan negara. Tentu saja dengan prestasi dan kerja keras.
Artikel ini akan menceritakan tentang sosok pemuda yang telah mengubah beradaban dunia di bidang teknologi informasi, di antaranya adalah Larry Page dan Serger Brin yang menemukan mesin pencari di internat “google” dan Mark Zuckerberg sang penemu jejaring sosial “facebook” serta masih banyak lagi. Begitu hebat mereka, dalam usia yang relatif muda sudah bisa menemukan karya yang dasyat. Jadi penasaran neh, apa sih sebenarnya yang membuat mereka terinspirasi untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi umat manusia, ayo, kita simak ceritanya.


Larry Page dan Sergey Brin
Bagi yang terbiasa menggunakan internet, tentu saja tidak asing dengan “Google”, ya! Itulah mesin pencari nomer 1 di internet karya si jenius Larry Page dan Serger Brin. Siapa sangka, Google yang terkenal itu diambil dari istilah matematika. Dalam istilah matematika, Google berarti sebuah bilangan yang sangat besar, yakni bilangan yang ditulis dengan angka 1 dan diikuti dengan 100 buah angka nol. Tentu saja bukan tanpa alasan menggunakan nama Google, karena Sergey Brin adalah penggemar sekaligus ahli matematika. Namun, mereka kesulitan bagaimana menulisnya apalagi mengejanya. Dan menurut istilah matematika, ejaan yang benar adalah g-o-o-g-o-l. “Dan begitulah seharusnya cara menuliskan Google, untung saja orang yang tahu tidak banyak” Ujar Page. Sebagai mesin pencari ranking atas, Google seolah telah menyinggahi ruang dan waktu di berbagai belahan dunia dan menembus dunia intelektual melalui lintasan integritas. Namun, tahukah kalian semua, Siapakan yang paling berperan di balik kesukesan yang diraih oleh Google ini?
Mungkin tidak ada kata lain selain kata “Briliant”, dan “Luar biasa” yang patut disematkan kepada Larry Page dan Sergey Brin. Hanya dalam jangka waktu lebih kurang 10 tahun, 2 remaja brilian ini sudah menjadi buah bibir masyarakat dunia yang sangat fenomenal. Baru memasuki usia 30 tahun, keduanya sudah tercatat dalam daftar orang terkaya di Amerika Serikat dengan kekayaan mencapai miliaran dollar AS. Terlepas dari kesuksesannya bersama Google yang sudah mendunia, ada ha-hal dari mereka yang patut kita contoh dan merupakan kunci sukses mereka. Kunci sukses yang pertama, Sergey Brin yang disebut sebagai Presiden Teknologi Google. Dia adalah seseorang yang memiliki kesederhanaan. Menurutnya simplicity atau penyederhanaan dalam web, adalah hal yang disukai penjelajah dunia maya. Kunci sukses yang kedua, kemauan dan integritas mereka yang tinggi dalam meraih impian. Kunci sukses yang ketiga adalah rela berkorban, mereka rela mengundurkan diri dari perogram doktor mereka di Stanford University demi mengembangkan Google. Dan Kunci sukses terkhir mereka adalah tidak melupakan jasa-jasa orang yang telah mendukung kesuksesan mereka. Itulah Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Google.
                                                     
Jack Dorsey
Kalian tentu tahu jejaring sosial “twitter” yang lagi marak sekarang. Hampir semua orang di belahan dunia ini mempunyai akun Twitter. Sebagai  jejaring sosial yang sudah sangat mendunia, Siapakah Orang yang berperan dibalik kesuksesannya sekarang ini?
Ya! Itulah Jack Dorsey. Ia lahir di St. Louis, Missouri, 19 November 1976.  Idenya muncul saat ia berumur 24 tahun. Ia berkeinginan untuk mengubah cara komunikasi lewat Internet. Setelah berkuliah di University of Missouri, ia pindah ke California yang saat itu penggunaan AOL (America OnLine) instant Messenger masih sangat populer di kalangan mesyarakat. Pada saat itulah Dorsey berkeinginan untuk membuat sesuatu yang berbeda dan lebih praktis. Ia mendapat ide bagaimana  orang bisa berkomunikasi dengan berbagai status kepada teman-teman mereka tanpa harus menulis di blog. Akhirnya pada Bulan Agustus 2006, lahirlah jejaring sosial yang disebut Twitter, yang hampir menyerupai blog, hanya saja dalam bentuk yang lebih mini, sehingga disebut microblogging dengan  kapasitas maksimal 140 karakter dalam setiap postnya.

Mark Zuckerberg
Mungkin di antara sudah punya akun di Facebook? Tentu saja tidak asing bagi kalian untuk memajang foto dan berbagi cerita sesama teman. Facebook adalah jejaring sosial yang sudah sangat mendunia. Hampir seluruh manusia di dunia ini mempunyai akun Facebook. Namun siapakah orang  yang peling berperan di balik kesuksasan Facebook ini?
Tentu saja Mark Elliot Zuckerberg, atau lebih dikenal Mark Zuckerberg. Ia lahir di White Plains, New York, 14 Mei 1984. Mark Zuckerberg adalah seorang programer komputer dan pengusaha asal Amerika Serikat.  Di usianya yang masih 27 tahun ini, ia sudah berhasil mengembangkan situs jejaring sosial Facebook dengan bantuan temannya di Harvard, yaitu Andrew McCollum. Inilah yang membuatnya terdaftar dalam orang-orang terkaya di Amerika Serikat, dari Social Networknya ini, ia sudah menghasilkan 1,5 Miliar dollar AS. Awalnya Zuckerberg mengembangkan Facebook di kamar asramanya semaa kuliah di Harvard. Iapun mulai mengenalkan situs sosialnya itu kepada teman-temannya. Dan teman-temannya itulah anggota yang pertama kali bergabung dalam Facebook. Dan dalam jangka waktu 2 minggu, sepertiga siswa Universitas Harvard telah menjadi anggota tetap  Facebook.  Pengguna Facebook terus meningkat hingga sampai saat ini sudah lebih dari 100 juta member dari seluruh dunia.

Evan Williams
Siapa tidak tahu Blog? Atau kalian sudah memiliki blog di internet. Blog adalah singkatan dari weblog. Blog, merupakan website yang terdiri dari berbagai macam konten. Konten tersebut bisa berupa teks, gambar, link, video, atau audio yang dapat di update. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dan menjadi perusahaan milik PyraLabs. Dan Pendiri PyraLabs itu juga menciptakan blog. Siapa ya kira-kira??? Jawabannya adalah Evan Williams. Evan Williams lahir pada tanggal 31 Maret 1972 di Nebraska. Ia adalah seorang wirausahawan asal Amerika Serikat. Evan Williams juga berperan besar dalam pembuatan twitter bersama Jack Dorsey. Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari diary atau catatan harian, sarana informasi, sampai dengan program media perusahaan. Pada tahun 2002, google.com membeli saham PyraLabs, dan akhirnya blogger.compun menjadi hak milik google.com. Bersama google, blogger terus berkembang pesat, dan Peminatnyapun terus bertambah.


Hidup ini adalah persoalan memilih, mau mengubah dunia? Silahkan pilih Larry Pages, Sergay Brin, Jack Dorsey, Mark  Zuckerberg, Evan Williams  atau diri anda sendiri. Selamat mengubah dunia!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar