Rabu, 21 Desember 2011

Konstruksi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Masa Depan

Mungkin kita sering mendengar dari media, ataupun deri pembicaraan sehari-hari tentang  hal-hal baru yang diprediksi akan diciptakan dan diluncurkan pada masa depan kelak. Seperti yang kita tahu, di era globalisasi sekarang ini sering juga disebut sebagai era informasi dan teknologi. Namun sesungguhnya di belakang pernyataan ini secara implisit terkandung pengertian mengenai era ilmu pengetahuan dan teknologi yang mungkin membuat semua pencapaian material dan sebagian yang non-material yang berada di sekitar kita.
Perkembangan ilmu pengetahuan, tidak lepas dari perkembangan teknologi terhadap kehidupan manusia. Kehadiran ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan penanda adanya proses pembangunan yang tengah berlangsung, dan dapat mempengaruhi atau meningkatkan tatanan hidup masyarakat, untuk menuju kehidupan yang lebih baik lagi nantinya.
Kemajuan yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan dalam beberapa dasawarsa terakhir ini serta keberhasilan menerapkan menerapkan pandangan-pandangan dan temuan-temuannya, bukan hanya memperluas cakrawala dan memperdalam kepahaman manusia mengenai alam semesta, tetapi juga telah meningkatkan kemampuan kontrol manusia atas kekuatan alam bahkan atas kesadaran manusia lainnya.
Akan tetapi, tanpa disangkal ternyata kemajuan teknologi inipun juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah yang sedang diprihatinkan oleh pemerintah. Pada dasarnya, kemajuan teknologi  bisa berdampak positif dan negatif, tergantung pribadi kita masing-masing. Positif bila kemajuan teknologi ini dipakai untuk hal-hal yang benar/baik, namun negatif apabila disalahgunakan oleh pemakainya.
Kemajuan teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, dikarenakan kemajuan teknologi tersebut akan berjalan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang hal pokok yang sangat diperlukan. Terutama dalam setiaap inovasi yang membeerikan energi positif bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah dampak positif teknologi pada kemajuan pendidikan antara lain adalah dengan berkembangnya kesempatan belajar serta bertambahnya tenaga ahli dan terampil.


 Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin berteknologi tinggi. Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer bahkan sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan.
Dampak positif lainnya adalah mendorong terjadinya perkembangan dan kemajuan dalam bidang politik, hukum, maupun ekonomi. Sehingga memudahkan proses pertukarang informasi antar masyarakat. Disamping dampak positif, dampak negatif yang ditimbulkan adalah moral mausia mengalami degredasi, terlupakannya teknologi-teknologi dan pengobatan tradisional, kerena sudah tersedia pegobatan yang praktis namun efisien.
Masalah-masalah yang ditimbulkanpun bukan hanya sekedar masalah teknis ilmiah, akan tetapi yang lebih parah lagi, masalah semacam ini merupakan masalah yang dapat merusak moral. kecenderungan berpikir bahwa teknologi merupakan superior yang dapat menyelesaikan segala-galanya, padahal  teknologi pada dasarnya merupakan media dan alat bantu atau ekstensi kemampuan diri manusia. Namun, dewasa ini teknologi telah menjadi otonom yang dapat mempengaruhi perilaku dan gaya hidup manusia itu sendiri.
Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Oleh karena itu, seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, maka harus diimbangi dengan pola pikir yang panjang dalam memilah dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Selain itu, untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar