Kamis, 02 Desember 2010

Hewan-Hewan Invertebrata

Pengertian Hewan Invertebrata

Hewan Invertebrata adalah hewan yang tidak bertulang belakang, serta memiliki struktur morfologi, anatomi sistem pencernaan, pernapasan dan peredaran darah lebih sederhana dibandingkan hewan vertebrata (bertulang belakang).

Filum-filum hewan invertebrata

1. Porifera (Hewan Berpori)
Porifera merupakan hewan air dan hidup di laut bentuk tubuh seperti tumbuhan yang melekat pada suatu dasar laut, jadi forifera dapat berpindah tempat dengan bebas, tubuh porifera seperti tabung yang memiliki banyak pori (lubang kecil pada sisinya dan mempunyai rongga di bagian dalam) porifera dapat berkembang biak dengan cara generatif dan vegetatif.

2. Colenterata (Hewan Berongga)

Coelentrata berasal dari kata coilos (berongga) dan entron (usus) coelentrata mempunyai dua macam bentuk yakni bentuk pasif yang menempel pada suatu dasar dan tidak berpindah. Coelentrata terdiri dari 3 kelas:
1) Kelas anthozoa
2) Kelas hydrozoa
3) Kelas scyphozoan

Platyhelminthes (cacing pipih)

Kata platyhelminthes berasal dari bahasa Yunani, kata plays (pipih) dan hemlines (cacing). Platyhelminthes adalah yang mempunyai pipih. Hewan golongan ini mempunyai tubuh simetris bilateral, (kedua sisi sama), tubuh lunak dan tidak bersegmen (ruas) tetapi tidak mempunyai peredaran darah.

Nemathelminthes (cacing gilig)

Nemathelminthes (dalam bahasa yunani, nema = benang, helminthes = cacing) disebut sebagai cacing gilig karan tubuhnya berbentuk bulat panjang atau seperti benang.Berbeda dengan Platyhelminthes yang belum memiliki rongga tubuh, Nemathelminthes sudah memiliki rongga tubuh meskipun bukan rongga tubuh sejati.Oleh karena memiliki rongga tubuh semu, Nemathelminthes disebut sebagai hewan Pseudoselomata.

Annelida (Cacing gelang)

Annelida (dalam bahasa latin, annulus = cincin) atau cacing gelang adalah kelompok cacing dengan tubuh bersegmen. Berbeda dengan Platyhelminthes dan Nemathelminthes, Annelida merupakan hewan tripoblastik yang sudah memiliki rongga tubuh sejati (hewan selomata).Namun Annelida merupakan hewan yang struktur tubuhnya paling sederhana.

Mollusca (Hewan Bertubuh Lunak)

Sesuai dengan namanya, hewan lunak mempunyai tubuh lunak yang dilindungi oleh cangkang dari bahan kalsium (kapur) mollusca bersifat hermoporit, mempunyai sistem pencernaan, sistem pernapasan, dan sistem pengeluaran Mollusca dibedakan menjadi 4 kelas; 1) Kelas lamilli brancuiata (golongan karang dan tiram) 2) Kelas gastropoda (golongan siput) 3) Kelas cephalopoda (golongan cumi-cumi) 4) Kelas amphineura

Arthropoda

Filum ini mempunyai Jumlah spesies yang paling besar dibandingkan filum-filum lain. Tubuh dan kaki beruasa-ruas dan simetris bilateral, rangka luar mengandung zat kimia. Antropoda mempunyai peredaran darah, tetapi darahnya tidak berwarna, pertumbuhannya lama mengalami metamorfosis (perubahan bentuk). Filum antropoda terdiri atas: 1) Kelas serangga (insecta) 2) Kelas laba-laba (arachoidae) 3) Kelas udang-udangan (erustacea) 4) Kelas lipan (mynapoda)

Echinodermata (Hewan berkulit duri)

Kata Echinodermata berasal dari bahasa Yunani echimos (landak) dan derma (kulit) semua hewan yang termasuk filum echinodermata biasanya hidup di laut, bentuk tubuhnya simetris radial (sisi tubuh melingkar sama). Mempunyai sistem ameudakral (sistem pompa air). Rangka dalam berkapur dan memiliki banyak duri yang menonjol. Daya generasinya amat besar. Filum enchinodermata terdiri dari 5 kelas yaitu: 1) Kelas bintang laut (asteroidal) 2) Kelas landak laut (echinoidal) 3) Kelas bintang laut (opiuroidal) 4) Kelas lilin laut (crinoidal) 5) Kelas teripong (holothuroidae

Tidak ada komentar:

Posting Komentar