Rabu, 22 Desember 2010

Prancis


Prancis merupakan sebuah Negara besar, beribukota Paris. Negara ini terletak di  Kawasan Eropa Barat, berbatasan dengan Belgia, Luksemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra, dan Spanyol. Karena memiliki departemen seberang laut, Perancis juga berbagi perbatasan tanah dengan Brazil dan Suriname (berbatasan dengan Guyana Perancis), dan Antillen Belanda (berbatasan dengan Saint-Martin). Negara ini berpenduduk lebih dari 55 juta jiwa. Bahasa Prancis juga merupakan bahasa internasional yang dipakai oleh beberapa Negara di kawasan Eropa Barat. Bahasa ini juga merupakan bahasa pengantar resmi Uni Eropa, PBB, dan lain lain.
Negara ini lebih dikenal dengan modenya, merek-merek ternama, parfum. Sehingga Negara Prancis ini dikenal sebagai Pusat Mode di Seluruh dunia. Prancis juga memiliki teknologi yang sangat maju dan tidak kalah dengan Amerika. Seperti tehteknologi otomotif /kereta cepat, pesawat Airbus, telekomunikasi, dan masih banyak lagi. Perancis juga memiliki industri mobil yang canggih, seperti mobil Renault yang telah memenangkan balapan F1 pada tahun 2006. Negara Perancis juga terkenal akan para penulisnya, seperti Victor Hugo.Negara Perancis adalah salah satu pendiri dari Uni Eropa, salah satu dari anggota G8 (organisasi Negara maju di dunia), juga merupakan salah satu negara Industri terkemuka.
Sejarah dan asal kata nama Prancis
Nama "France" berasal dari Francia Latin, yang berarti "tanah bangsa Frank" atau "Frankland". Terdapat berbagai teori asal nama Frank. Salah satunya berasal dari kata Proto Jermanik frankon yang diartikan sebagai javelin atau lance karena kapak lempar Frank yang dikenal sebagai francisca. Atau dalam sebuah bahasa Jermanik kuno, Frank berarti "bebas" yang merujuk pada budak. Kata ini masih digunakan dalam bahasa Perancis sebagai franc, juga digunakan sebagai penerjemahan "Frank" dan nama mata uang lokal, hingga penggunaan euro pada tahun 2000-an.
Pemerintahan
Republik Perancis adalah sebuah republik semi-presidensial uniter dengan tradisi demokratis yang kuat. Konstitusi Republik Kelima disetujui melalui referendum tanggal 28 September 1958. Sehingga memperkuat kewenangan eksekutif dengan parlemen. Cabang eksekutif itu sendiri memiliki dua pemimpin: Presiden Republik, yang merupakan Kepala Negara dan dipilih langsung oleh hak pilih universal orang dewasa untuk jabatan selama 5 tahun (sebelumnya 7 tahun), dan Pemerintah, dipimpin oleh Perdana Menteri yang ditunjuk presiden.
Perekonomian
Perekonomian Negara Prancis terbilang sangat maju. Ekonomi Perancis ini menggabungkan perusahaan pribadi ekstensif (hampir 2.5 perusahaan terdaftar) dengan intervensi pemerintah (lihat dirigisme) substansial (meskipun menurun). Pemerintah mempertahankan pengaruh terhadap bagian penting dalam sektor infrastruktur, dengan kepemilikan mayoritas atas firma rel kereta api, listrik, pesawat terbang, dan telekomunikasi. Telah mengendurkan kontrolnya secara bertahap sejak awal 1990-an. Pemerintah perlahan-lahan menjual saham di France Télécom, Air France, juga industri asuransi, perbankan, dan pertahanan.
Sebuah anggota grup negara industri maju G8, Perancis menempati peringkat ekonomi terbesar kelima atau keenam menurut PDB nominal yang bergantung pada sumbernya.[16] Perancis bergabung dengan 11 anggotaUE lainnya untuk meluncurkan euro pada tanggal 1 Januari 1999, dengan koin dan uang kertas euro yang menggantikan franc Perancis  pada awal 2002.
Agama
Perancis merupakan sebuah negara sekuler karena kebebasan beragama adalah hak konstitusional, meskipun beberapa organisasi religius seperti Scientology, Children of God, Unification Church, dan Order of the Solar Temple dianggap sebagai pemujaan. Menurut data-data dan laporan yang telah didapat, 51% orang Perancis beragama Katolik, 31% agnostik atau ateis, 10% komunis atau tanpa pendapat, 10% Muslim, 3% Protesan, 1,2% beragama Buddha, dan 1% Yahudi.
Wisata Prancis
Perancis menarik jutaan wisatawan dari setiap Negara, setiap tahunnya. Keadaan alamnya yang indah, gaya arsitekturnya yang bagus, penduduknya yang ramah, menjadikan Prancis merupakan  sebuah tempat tujuan wisata paling populer di dunia. Perancis merupakan merupakan negara wisata klasik. Tempat ini banyak terdiri dari barisan gunung, pesisir seperti Brittany, kota-kota yang kaya akan warisan budaya, Kastil seperti Versailles, pedesaan, "vineyard" di Burgundy, dan kota Paris dengan Louvre, boulevard, menara Eiffel, Arcade Triomphe dan katedral Notre-Dame. Sebagai contoh wisata-wisata di Prancis:
Menara Eiffel ( Eiffel Tower)
Menara Eiffel Tower dibangun untuk keperluan Pekan Raya Internasional di Paris tahun 1889 untuk memperingati seratus tahun Revolusi Prancis. The Prince of Wales, yang kemudian menjadi Raja Edward VII dari Inggris, meresmikan menara itu. Menara itu punya tiga tingkat.Sebuah restoran yang sangat mahal yakni Restoran Jules Verne berada di tingkat dua.Ada bar di tingkat paling atas, sebuah toko cindera mata dan belakangan kantor Gustave Eiffel yang direstorasi. Dari tingkat-tingkat tersebut, terutama dari tingkat paling atas, pemandangan kota Paris dapat dilihat sangat luar biasa. Satu jam sebelum matahari tenggelam merupakan pemandangan yang luar biasa. “Metal Lady” ini diterangi oleh 352 proyektor berkekuatan 1000 watts yang berkedip setiap sepuluh menit dan setiap hari setelah matahari terbenam diterangi oleh 20.000 bola lampu dan lampu hias. Peringatan untuk memberi ucapan selamat datang pada “Metal Lady” yang didekorasi secara baru ini menggetarkan perasaan orang. Peristiwa itu juga disambut oleh seniman-seniman dunia yang terkenal.Pesta kembang api diadakan. Terdapat sekitar 200.000 orang yang mengucapkan selamat datang pada peristiwa khusus ini.Setiap orang terpukau oleh Pertunjukan-pertunjukan luar biasa yang ditampilkan. Untuk mengembalikan kehidupan dan keanggunan menara ini, pada malam hari empat buah berkas cahaya yang terus menerangi angkasa.
Istana Versailles
Istana Versailles merupakan kastil kerajaan di Versailles, Perancis. Istana ini terletak di Kota Versailles berjarak  25 Km dari Paris. Istana Versailles  dibangun pada abad ke-17 pada masa Raja Louis XIV. Di Istana yang besar dan megah ini terdapat ruangan-ruangan yang menyimpan lukisan dan barang-barang  peninggalan Raja Louis XIV, XV, XVI dan Ratu Marie Antoinette antara lain tempat tidur, jam, meja, kursi dan meja sidang, guci serta yang terkenal lampu-lampu kristal yang ada di Galerie des Glaces. Istana ini dilengkapi pula dengan Taman dan Kolam yang terletak di samping istana. Di areal seluas 18 km persegi di barat daya Paris, kompleks istana ini berdiri megah. Walau mulanya pemilihan tempat istana itu dipertanyakan sejumlah insinyurnya, namun kini keindahan kompleks istana tersebut menjadi daya tarik wisata yang paling banyak menyedot turis di Perancis.
Aslinya, istana Versailles adalah bekas pondok berburu yang dibangun oleh Raja Louis XIII di wilayah barat Kota Versailles. Louis XIII kerap mampirke pondok berburu itu disela kesibukannya mengurus pemerintahan. Ia kemudian memperluas pondok tersebut dengan membangun benteng sederhana di sekitarnya.
Setelah Raja Louis XIII wafat, putranya Louis XIV bertekad untuk membangun istana di lokasi tersebut untuk mengenang ayahnya. Pekerjaan pembangunan itu dimulai pada 1661 di bawah arahan arsitek Perancis terkenal di masanya, Louis Le Vau. Tujuh belas tahun kemudian, arsitek Jules Hardouin-Mansart turut membantu desain arsitektur istana tersebut. Taman Versailles ini sangat  luas untuk dijelajahi. Pengunjung pun biasanya berjalan hanya sampai dua kolam air mancur yaitu Bassin de Latone dan Bassin de Apollon, sampai ke tepi Grand Canal. Ini adalah dua kolam air mancur yang cantik bertema Dewi Latona dan Dewa Apollo.  Istana yang megah, berbagai lukisan indah, dan taman istana yang cantik. Versailles sangat memuaskan pengunjung.
Arch De Triomphe
Di ujung lain Champ Elysee, tempat wisata yang akan agan temukan adalah bangunan menyerupai gapura besar. Arch de Triomphe dibangun Napoleon pada 1806 sebagai simbol kemenangan Perancis. Sayangnya, “Si Pendek” Napoleon keburu digulingkan sebelum bangunan ini rampung didirikan.
Place de la Concorde
Tempat wisata yang merupakan alun-alun terluas di Paris ini, dibangun pada 1755 di lahan seluas 86.400 meter. Ciri khas tempat ini adalah monumen dan air mancur. Dulunya, kaum bangsawan tertawa-tawa sambil menonton eksekusi terbuka para penjahat hingga penentang kerajaan. Pasca Revolusi Perancis, ganti wajah-wajah para borjuis itu yang murung menghadapi eksekusi. Nama tempat wisata ini sendiri berubah beberapa kali. Dimulai dari “Place Louis XV”, dan terakhir “Place de la Concorde” sebagai simbol rekonsiliasi.
Musee Du Louvre
Museum Louvre merupakan salah satu museum seni terbesar di seluruh dunia. Jika anda tidak menyukai seni, tetapi ingin memenuhi rasa ingin tahu anda akan lukisan Monalisa (di Paris disebut “la joconde”), atau mungkin tertarik karena buku “The da vinci Code”, anda tetap harus masuk ke museum ini. Dahulu gedung yang dijadikan museum Louvre adalah istana (Palais de Louvre) yang dibangun tahun 1190 dan mengalami tahap penyelesaian menjadi seperti gedung yang terlihat saat ini di tahun 1870. Dan tahun 1989 arsitektur Amerika asal China, I.M Pei membuat piramida kaca yang dijadikan salah satu dari 3 pintu masuk.
Dan masih banyak lagi objek-objek wisata dari Negara Prancis ini.
Berikut ini adalah objek0objek wisata Prancis menurut Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar